Sunday, October 30, 2011

Defense-nya Abung dan Havek

Defense adalah istilah yang umumnya kita kenal sebagai 'sidang' tesis. Demikian pula di QSE, sebagai materi terakhir program untuk bisa mendapatkan gelar Master, seluruh siswa QSE wajib lulus dan maju untuk mempertahankan tulisan pada tesis nya dalam sebuah defense. Defense ini umumnya dihadiri oleh beberapa dosen termasuk dosen pembimbing, ataupun para asisten siswa PhD dari jurusan dimana obyek tesis tersebut kita ambil. Nah, di bulan Oktober 2004 ini kawan-kawan QSE yang siap untuk maju adalah Abung dan Havek. Mereka semua telah berhasil menyelesaikan seluruh mata kuliah QSE dan tesis nya dan siap untuk memperoleh geral Master mereka.

Havek adalah yang pertama siap untuk maju Defense, tepatnya pada tanggal 14 Oktober 2009 dengan Profesor pembimbingnya, serta topiknya yang berhubungan dengan Particle Distribution. Acara defense ini dihadiri cukup banyak kolega dari departement tempat Havek mengambil topik tesis-nya. Sepertinya topik yang dipilih Havek cukup menarik minat mereka, walaupun untuk saya topik ini hingga sekarang masih membuat saya penasaran dan bingung... :)


Sedangkan Abung, defense nya dilakukan pada tanggal 27 Oktober 2009 dengan dosen pembimbing Prof. Wisweh dan Prof. Palis. Kebetulan topik yang diambil abung masih berhubungan dengan Neural Network System yang memang menjadi spesialis Prof. Palis (Yang juga sebagai dosen Pembimbing Dhina). Namun karena topik ini juga berhubungan dengan department yang dipimpin oleh Prof. Wisweh (yang nantinya menjadi Profesor pembimbing saya juga), maka sebagai Advisor nya adalah salah satu mahasiswa PhD asal Indonesia yang sudah akrab dengan kita, Yupiter Manurung.


Tak lama setelah mereka berdua mendapatkan tanda kelulusan di jurusan QSE ini, Havek dan Abung pun meninggalkan Magdeburg dan kembali ke Indonesia. Di akhir 2009 masih tersisa beberapa mahasiswa QSE asal Indonesia termasuk saya sendiri, yang baru mendapatkan kesempatan melakukan defense pada tanggal 20 Desember 2009.

No comments:

Post a Comment