Wednesday, April 11, 2012

My Defense

Akhirnya masa penantian pun tiba, dimana thesis yang kubuat selama beberapa bulan dan sempat mengalami kesulitan dan berganti Professor Pembimbing, maka tanggal 20 Desember 2004 saya maju untuk melakukan Defense (sidang thesis) di depan para penguji yang terdiri dari Professor Wisweh sebagai Professor pembimbing, Asisten Pembimbing yaitu Jupiter Manurung (teman kita sendiri dan juga mahasiswa Indonesia yang sedang mengambil progam studi S3), beserta 1 orang dosen tamu rekan dari Prof. Wisweh.

Persiapan Defense ini sendiri juga sudah secara matang saya persiapkan dan berharap agar tugas akhir ini bisa mendapatkan penilaian yang cukup baik sebagai penutup. Dengan disaksikan oleh beberapa rekan Indonesia seperti Meta, Dini, Adi dan beberapa rekan QSE Angkatan baru seperti Dauly dan Rina, defense berjalan dengan lancar dan sayapun tidak mengalami kendala berarti saat membawakan presentasi di depan para penguji. Setelah beberapa pertanyaan dilayangkan oleh para tim penguji, maka syukur Puji Tuhan karena hasil dari Defense yang langsung diberikan saat itu juga telah memberikan saya nilai yang cukup baik. 

Lega rasanya telah menyelesaikan keseluruhan proses studi program QSE ini hingga akhir dan menyelesaikannya dengan baik. Walaupun sempat mengalami kendala di saat-saat terakhir, namun berkat dukungan dan dorongan dari keluarga dan istri tercinta yang sempat menemani di saat-saat akhir masa perkuliahan, membuat segalanya terasa ringan dan bebanpun dapat diatasi dengan baik. 

No comments:

Post a Comment