Friday, October 1, 2010

Christmas Party QSE 2003

Kelas QSE dimulai di bulan Oktober setiap tahunnya, yaitu di awal musim dingin, sehingga waktu perkuliahan tersebut hanya sekitar 2 bulan saja sebelum kita memasuki liburan Natal atau Weinacht dalam bahasa Jerman. Untuk jurusan QSE setiap tahunnya saat liburan Natal, mereka memiliki kebiasaan untuk melakukan Christmas Party yang diadakan menggunakan ruang kelas QSE. Karena ruangannya cukup besar dan partisi yang menghubungkan ke ruangan lainnya dapat dibuka, maka didapat ruangan yang lebih besar dan cukup untuk menampung 30 puluhan orang lebih. Sama halnya dengan tahun-tahun sebelumnya, maka pesta Natal tahun itu pun juga diadakan dengan koordinasi para siswa QSE dan mengundang beberapa mahasiswa dari jurusan lainnya seperti dari jurusan CPE (jurusan Master Teknik Kimia).

Pembagian tugas pun dilakukan diantara kita semua, dan semua mendapat bagian untuk membawa masakan masing-masing di saat acara. Rekan-rekan dari Thailand menyiapkan masakan yang sangat khas dengan citarasa Thailand yaitu sayuran salad segar dengan bumbu asam. Dari Indonesia membawa masakan andalan seperti rendang, martabak, nasi kuning, gorengan kentang dan juga beberapa menu lainnya. Sedangkan teman-teman dari Amerika Latin membawa masakan yang menurut kami paling tidak menarik, maklum karena kebanyakan dari mereka adalah pria sehingga memasak bukan menjadi bagian kebiasaan mereka sehari-hari. Ada pula masakan lain khas India yang dibawakan oleh salah satu rekan kami, Keyur Patel.


Mahasiswa Indonesia menyiapkan masakan bersama-sama di kamar Dina yang juga bersebelahan dengan Vidya. Persiapan demi persiapan kita lakukan mulai dari diskusi pilihan menu, membeli bahan, persiapan, memasak hingga persiapan tentang peralatan hiburan apa saja yang perlu kita bawa. Dengan mempertimbangkan bahwa mungkin mahasiswa lainnya tidak memiliki persiapan yang cukup baik, maka kita sebisa mungkin menyiapkan agar suasana pesta dapat berjalan dengan meriah, termasuk mempersiapkan untuk membawa sound system lengkap.


Pesta dimulai saat malam hari, dengan mengundang jurusan CPE berikut Profesornya, Prof. Specht, serta sekretaris Jurusan, Frau Sydow dan para asisten Prof. Hauptman yang kebetulan terdiri dari beberapa mahasiswa Doktoran dari berbagai negara, salah satunya pak Oo dari Indonesia. Acara dibuka dengan kata sambutan oleh Prof. Hauptman, dan langsung dilanjutkan dengan acara makan-makan.


Prof. Specht yang merupakan ketua jurusan CPE ternyata juga memiliki ketrampilan lain selain mengajar yang dipertunjukkan dalam acara ini, yaitu ketrampilan sulap. Cukup membuat kita terheran-heran bahwa seorang Profesor yang memiliki jabatan penting di Universitas OvG ini, memiliki suatu hobby unik seperti sulap.

Mahasiswa dari jurusan CPE yang mayoritas merupakan mahasiswa India juga memiliki kekhasan yang berbeda dari rata-rata mahasiswa lain di QSE, yaitu gemar berjoget. Oleh karena itu, setelah menikmati sajian masakan dan minuman, maka acara malam ini dilanjutkan dengan acara berjoget diiringi lagu-lagu yang ternyata sudah mereka persiapkan sejak awal. Meriah sekali acara Christmas Party ini karena semua mahasiswa dari ke-2 jurusan dari pelbagai bangsa, menyatu di acara ini untuk bergembira ria menyambut libur Natal dan Tahun Baru.


No comments:

Post a Comment