Thursday, May 26, 2011

Grillen, 29 Mei 2004

It's Summer!! Time for garden party!!....Dengan datangnya musim semi dan dengan kondisi cuaca dan suhu yang sangat bersahabat, maka saatnya buat kita-kita yang ada di Magdeburg melakukan acara yang hampir setiap tahun diadakan oleh para mahasiswa di sini, yaitu pesta barbekyu atau yang dikenal dengan sebutan dalam bahasa Jerman...Grillen. Tahun ini adalah musim semi pertama saya (yang juga terakhir) selama sekolah di Magdeburg, jadi kesempatan acara Grillen sudah pasti tidak akan dilewatkan. Dengan mengambil tempat di area dekat lapangan volley di samping Wohnheim 2 yang cukup teduh dan dengan pepohonan yang rindang, serta tidak jauh dari asrama seandainya membutuhkan sesuatu, Grillen tahun ini diadakan dengan menu seadanya namun istimewa, yaitu sate buatan sendiri dengan tambahan menu sosis.

Seperti biasa kalau urusan masak-memasak, para bapak siswa Doktoran lah yang paling ahli meramu bumbu. Ditambah dengan bantuan ibu-ibu yang juga turut menyiapkan masakan, persiapan pembuatan sate dilakukan di kamar Havek. Saya, Ibnu, pak Zaeni, pak Asrial, dan Abung bertugas menyiapkan puluhan sate yang akan dipanggang. Sementara rekan lainnya menyiapkan peralatan yang telah disiapkan di area taman untuk acara grillen ini. Jika mengingat kembali saat kita melakukan persiapan acara seperti ini, sungguh indah kebersamaan yang ada pada waktu itu. Walaupun kita tinggal di negeri orang, namun serasa kita memiliki keluarga lain yang dapat kita andalkan baik sebagi teman maupun lebih dari sekedar kawan.Suasana grillen ini salah satu contoh begitu bahagianya kita pada saat itu meskipun bagi beberapa kawan khususnya bapak-bapak siswa Doktoran, telah tinggal di Magdeburg selama lebih dari 4 tahun.


Acara dimulai tanpa menunggu aba-aba. Begitu semua bahan makanan siap dan semua peserta berkumpul bersama, maka acara panggang-memanggang pun dimulai. Nikmat sekali rasanya bersantap bersama dengan kawan-kawan di sore hari itu. Dengan udara yang bersih dan cuaca yang cerah, sepertinya ingin sekali bisa membuat acara seperti grillen ini dilakukan pada setiap akhir pekan.


Kebetulan selang beberapa waktu, beberapa kawan dari komunitas Vietnam datang ke taman dan mengajak kami bertanding bola volley. Berhubung waktunya sangat pas untuk berolah raga, walaupun salah kostum saya tetap ikut meramaikan dan ikut bertanding volley dengan kawan-kawan Vietnam itu. Sempat juga terlihat beberapa balon udara yang melintas tidak jauh dari tempat kami berkumpul. Ternyata pada hari itu juga terdapat festival balon udara yang mana sering diadakan di Magdeburg.



No comments:

Post a Comment