Thursday, May 26, 2011

Pekan Olah Raga PRIMA, 15-16 Mei 2004

Jerman merupakan salah satu negara tujuan pelajar yang tergolong favorit bagi mahasiswa Indonesia. Maka tidak heran jika jumlah pelajar Indonesia di Jerman tergolong sangat banyak. Karena banyaknya jumlah pelajar tersebut maka banyak pula acara yang diadakan diantara para pelajar Indonesia tersebut, salah satunya adalah Pekan Olah Raga PRIMA yang diadakan setiap tahun sekali. Pada tahun 2004 ini, saya dan rekan-rekan mahasiswa Magdeburg juga berkesempatan ikut serta di dalam ajang olah raga tahunan yang diadakan di kota Darmstadt, salah satu kota favorit tujuan pelajar Indonesia di Jerman. Acaranya sendiri diadakan pada tanggal 15-16 Mei 2004 di area olah raga milik TU Darmstadt.

Walaupun pelajar di Magdeburg tergolong sedikit, namun di tahun ini secara kebetulan kami semua merupakan pecinta olah raga yang cukup aktif. Oleh karena itu, ajang PRIMA tahun 2004 ini tidak kami sia-siakan untuk berpartisipasi pada beberapa cabang olah raga sekaligus. Dengan rombongan Magdeburg yang terdiri dari saya, Havek, Abung, Adi, Metta, Anton, Dina, Vidya, dan Ibnu beserta keluarga, kami berpartisipasi dalam cabang olah raga basket, volley, bulu tangkis dan tenis meja. Walaupun dengan sedikit orang, kami tetap bersemangat dan setidaknya bisa turut meramaikan acara sambil berolah raga dan berkunjung ke salah satu kota yang saya belum pernah kunjungi sebelumnya.

Perjalanan ke Darmstadt cukup panjang karena lokasi kota yang cukup jauh dan dekat dengan Frankfurt. Menggunakan kereta RE (Regional Bahn), maka total perjalanan adalah kurang lebih 6-7 jam dari Magdeburg. Itupun kami harus berganti kereta 1 kali. Namun karena suasana kereta yang bersih dan nyaman, serta kondisi Jerman yang sangat jauh berbeda dengan di Indonesia, perjalanan selama 7 jam tidak terasa membosankan. Walaupun letih tetapi kami semua tetap bersemangat dan sangat berkesan. Kebersamaan yang ada diantara kami memberikan kebahagiaan tersendiri bagi saya yang tidak akan pernah saya lupakan. 

Hari pertama yang dilombakan adalah bulu tangkis, tenis meja dan juga volley. Dimana hari pertama seluruh peserta dari Magdeburg turut berpartisipasi dalam lomba, termasuk saya. Berduet dengan Meta yang merupakan jawara bulutangkis di Uni Magdeburg, saya berharap banyak bisa menyumbang medali dari cabang ini. Tetapi ternyata perkiraan saya terbalik...mungkin karena terlalu yakin akan menang, justru tim kami kalah...hahaha. Sementara Anton dan Ibnu bertanding di cabang tenis meja, kami bersiap-siap untuk bertanding di cabang volley. Karena jumlah pemain yang kurang, maka untuk cabang volley tim Magdeburg mendapatkan tambahan pemain dari salah satu kota yang kebetulan hanya sedikit mahasiswa-nya. Saya lupa dari kota mana, tetapi yang pasti tim volley Magdeburg justru diluar dugaan dapat menampilkan permainan yang sangat baik dan bahkan keluar sebagai Juara Pertama.


Selesai hari pertama seluruh peserta PRIMA bermalam di dalam Hall Olah Raga yang cukup luas untuk menampung para peserta. Dan keesokan harinya, cabang olah raga yang dipertandingkan di dalam hall hanya menyisakan pertandingan cabang bola basket. Wah, ini seperti acara puncak saja, kerana selain banyak tim yang turun, juga ditonton oleh hampir seluruh peserta yang hadir. Tim Magdeburg hanya beranggotakan 5 orang saja. Saya, Meta, Abung, Havek dan Adi. Jadi tidak ada istilah pergantian pemain dan harus terus menyelesaikan sampai pertandingan selesai. Karena kami sering berlatih basket saat di kampus, maka walaupun dengan napas seadanya, kami berhasil dengan susah payah mencapai Final. Kami sendiri sungguh takjub bisa mencapai final, karena hanya dengan lima pemain saja dan dengan tenaga yang habis terkuras kami masih sanggup menghadapi tim-tim mahasiswa yang mungkin lebih banyak melakukan persiapan dibandingkan tim kami. Begitu di final, karena sudah sangat kelelahan dan kehabisan tenaga, maka tim kami ditaklukan oleh Tim Hamburg dengan mudah.


Walaupun dengan hanya mendali Perak, kami semua sangat gembira di acara ini. Dan walaupun dengan membawa pulan 1 medali emas dan 1 medali perak, ternyata Magdeburg berhasil menjadi urutan pertama dari perolehan medali dan menjadi juara umum PRIMA. Hahaha, senangnya hati karena tidak pernah menyangka kalau hanya dengan sedikit orang, Magdeburg berhasil unjuk gigi di ajang olah raga tahunan ini. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan.The Dream Team of Magdeburg.


No comments:

Post a Comment