Tuesday, May 22, 2012

Dresden Trip, 27 Desember 2003


Trip ke Dresden ini adalah sambungan perjalanan akhir pekan kita setelah mengunjungi kota Leipzig bersama keluarga Henri, Jupi dan Dina. Kunjungan ke Leipzig tidak membutuhkan waktu lama berhubung lokasi pusat kota tua yang menjadi tujuan utamanya terletak tidak jauh dari stasiun kereta. Jadi setelah puas menikmati kota Leipzig, kita langsung menuju kota Dresden yang terletak kurang lebih 80 km dari Leipzig.


Dresden merupakan ibukota negara bagian Saxony yang memiliki sejarah yang cukup panjang sebagai tempat kediaman raja-raja Saxony dan sebagai kota yang sangat indah dengan budaya dan artistiknya. Kota ini juga dikenal sebagai Jewel Box, karena penampilan bangunan pusat kotanya yang bergaya Barok dan Rococo. Namun karena sepanjang PD II kota ini menderita akibat pemboman Sekutu dan menghancurkan seluruh pusat kota, ditambah dengan era pemerintahan komunis semasa pemerintahan Jerman Timur, maka ciri kas kota Dresden menjadi berubah total. Pasca reunifikasi Jerman beberapa pekerjaan restorasi yang dilakukan telah membantu proses rekonstruksi di beberapa bagian pusat kota dan sejarah. Dan kini Dresden telah kembali menjadi salah satu pusat budaya, pendidikan, politik dan ekonomi Jerman yang penting.


Setelah kita tiba di stasiun utama kota Dresden, kita langsung menuju pusat kota dimana terdapat kastil tua yang sangat cantik dan anggun peninggalan masa-masa kerjaan lama. Walaupun pernah mengalami masa-masa sulit semasa PD II, namun upaya dari pemerintah setempat untuk merestorasi kota ini telah memberikan hasil yang nyata. Namun karena saat itu adalah musim dingin, maka tidak banyak warna yang dapat kami lihat di dalam kompleks kastil tersebut. Mungkin di musim semi kita bisa mendapatkan suguhan warna-warna bunga yang menambah cantik suasana di lingkungan kastil ini.

No comments:

Post a Comment