Tuesday, March 31, 2015

Potsdam & Weimar Trip - 6 Maret 2004


Enaknya memiliki teman seperti Dina yang gemar travelling, adalah kita tinggal menyiapkan diri, beli WET (Wochen Ende Tiket), bawa bekal, dan terakhir adalah tinggal ngikut kemana Dina pergi. Dan jika sudah punya WET akan sangat sayang kalau juga tidak dimanfaatkan secara maksimal, yaitu digunakan untuk berlima. Maka kali ini kita ikut usulan Dina untuk plesiran di hari Sabtu tanggal 6 Maret 2004 ke suatu kota kecil yang terletak sebelum kota Berlin yang bernama Potsdam. Dan setelah Potsdam, tujuan berikutnya yang akan kita kunjungi adalah Weimar, sebuah kota kecil di bagian tengah sebelah timur Jerman. Rute perjalanan ini cukup untuk dilalui selama 1 hari penuh mulai dari pagi hingga tiba kembali ke Magdeburg malam hari.

Sanssouci Palace
Maka berangkatlah grup jalan-jalan kita yang terdiri dari 5 orang yaitu saya, Abung, Dina, Vidi dan sahabat QSE Thailand kami, Cartoon. Untuk menuju Potsdam tidak lah sulit karena berada persis pada 1 stasiun pemberhentian besar sebelum kota Berlin. Potsdam merupakan tempat tinggal raja-raja Prussia hingga tahun 1918. Di sini kita berkesempatan mengunjungi kastil Sanssouci yang memiliki lahan sangat luas dan juga merupakan World Heritage terbesar di Jerman. Sayang-nya saat itu masih di akhir musim dingin sehingga keindahan taman di kastil Sanssouci tidak dapat kita lihat.

Old Town Hall - Fortunaportal - St. Nicholas Kirche
Selain Sanssouci juga terdapat beberapa landmark di sekitar kota Potsdam, beberapa diantaranya adalah bekas pusat kota tua lama (Old Town Hall), tugu dewi Fortunia (Fortunaportal) dan Gereja St. Nicholas di daerah Alter Markt.

Weimar
Puas dengan melihat-lihat beberapa obyek menarik di Potsdam, kita langsung melanjutkan perjalanan ke kota Weimar. Jarak tempuh dari Potsdam ke Weimar cukup jauh dan membutuhkan waktu agak panjang karena untuk ke Weimar kita harus melewati rute perjalanan seperti hendak kembali ke Magdeburg. Sesampainya di Weimar, kita langsung bergegas menuju pusat kota untuk sekedar melihat-lihat seperti apa suasana kota ini saat di abad 19. Kota ini pernah menjadi tempat tinggal salah satu pujangga Jerman terkenal, Johann Wolfgang Goethe. Namun karena waktu yang sudah sangat terbatas, kita hanya bisa sekedar melewati saja dan tidak bisa singgah berlama-lama untuk segera kembali ke Magdeburg.


No comments:

Post a Comment